Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil | JabarPost Media

Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil - Selamat datang di situs berita JabarPost Media. Kami menyajikan sejumlah informasi yang aktual dan terpercaya untuk Anda yang ditulis dari berbagai sumber terpercaya. Untuk pencarian berita yang serupa atau satu tema, Anda bisa menemukan di kategori Profil. Selamat membaca!

Judul : Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil | JabarPost Media
Link: Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil | JabarPost Media

Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil | JabarPost Media

Joko Widodo atau yang dikenal dengan sapaan Jokowi merupakan salah satu orang yang menduduki kursi kepresidenan. Sosoknya yang sederhana memang sudah terdidik dari kisah hidupnya yang hanya seorang tukang kayu dan dari orang tua yang sederhana.

Jokowi merupakan seorang pengusaha meubel asal Solo yang masuk ke dunia politik setelah dirinya menjadi Walikota Solo.

Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil | JabarPost Media
Jokowi bersama dengan karyawannya saat menjadi pengusaha meubel (Foto: tribunnews.com)
Biografi Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Bernama lengkap Ir.H.Joko Widodo, beliau lahr di Surakarta tanggal 21 Juni 1961 dengan orang tua bernama Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomihardjo. Beliau memiliki tiga orang saudara yaitu Ida Yati, Titik Relawati dan Iit Sriyantini. Jokowi sendiri merupakan anak sulung dan satu-satunya anak laki-laki dari keluarga tersebut.

Dilansir dari Biografiku.Com, diketahui bahwa Joko Widodo memiliki nama kecil Mulyono dan sebenarnya ia memiliki adik laki-laki namun meninggal ketika dalam persalinan.

Masa kecil seorang Jokowi atau Joko Widodo memang sangatlah sederhana dan hidup dengan penuh kerja keras. Ia bersekolah di Sekolah dasar Negeri 111 Tirtoyoso. Ia pernah menjadi seorang kuli panggul, ojek payung dan berdagang hanya demi untuk memenuhi biaya sekolahnya dan makan sehari-hari.

Ketika masa sekolah, ia sudah terbiasa berangkat dengan berjalan kaki. Keahlian Jokowi sebagai seorang tukang kayu pun didapat dari ilmu sang ayah, Noto Mihardjo. Hal ini terlihat saat usianya yang menginjak 12 tahun dimana ia sudah bekerja sebagai seorang tukang gergaji.

Setelah lulus Sekolah Dasar, Jokowi kemudian masuk ke SMP Negeri 1 Surakarta dan kemudian melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 6 Surakarta.

Lulus dari Sekolah Menengah Atas, Jokowi kemudian melanjutkan pendidikan ke Universitas Gajah Mada dengan mengambil jurusan kehutanan.

Dengan keilmuannya, Jokowi muda kemudian mampu mengetahui cara pengolahan dan pemanfaatan kayu yang baik. Tak heran jika ia kemudian dikenal luas sebagai juragan mebel.

Tahun 1985, Jokowi berhasil menyelesaikan kuliahnya dan pada tanggal 24 Desember 1986 Jokowi memperistri Iriana Jokowi. Dari pernikahannya tersebut, keduanya dikaruniai tiga orang anak bernama Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu.

Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil | JabarPost Media
Bapak Jokowi Dan Ibu Iriana (bbc.co.uk)
Diketahui bahwa Jokowi juga pernah bekerja di Perusahaan Kertas BUMN bernama PT.Kraft Aceh ditahun yang sama. Namun karena jiwa wirausahanya, ia pun memilih untuk mengundurkan diri dan mencoba untuk membangun bisnis kayu di Solo.

Sebelum membangun usahanya sendiri, Joko Widodo ikut bekerja dahulu di perusahaan milik pamannya yakni di CV Roda Jati. Dari sana ia mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan tentang meubel.

Setelah memantapkan diri, beliau kemudian membuka usaha kayu sendiri dengan nama CV Rakabu di tahun 1988. Tentu saja nama usahanya ini diambil dari nama anak pertamanya yaitu Gibran Rakabuming.

Pahit getir dalam membangun usaha sudah dirasakan oleh Jokowi hingga ia pun mengalami kebangkrutan. Untunglah di tahun 1990 ia mendapatkan suntikan dana sebesar 30 juta dari ibunya sehingga membuatnya mampu untuk bangkit kembali.

Mengapa Dipanggil Jokowi?

Presiden Joko Widodo memang lebih dikenal dengan nama Jokowi. Namun tahukah mengapa dipanggil dengan sebutan Jokowi?

Ternyata nama tersebut diberikan oleh seorang pelanggannya yang asal Jerman bernama Miki Romaknan.

Saat itu Miki sulit untuk menyebut nama Joko Widodo sehingga ia pun menyingkatnya menjadi Jokowi. Dan hingga kini sapaan itu pun melekat pada sosok Joko Widodo.

Berkat perkenalannya dengan Miki Romaknan pula menjadikan produk buatan Jokowi masuk ke luar negeri lantaran banyaknya pesanan disamping kejujuran dan kerja kerasnya dalam membangun usaha meubel.


Demikian Informasi Tentang Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil | JabarPost Media

Semoga apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat pengetahuan untuk para pembaca sekalian.

Anda telah menyaksikan Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil | JabarPost Media .

0 Response to "Biografi Jokowi : Seorang Juragan Meubel Yang Pekerja Keras Sejak Kecil | JabarPost Media"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...